Tutorial Filter Serverside Yajra Datatable

Datatable – Seperti yang kita ketahui bahwa metode Serverside Datatable memiliki kelemahan ketika jumlah data sudah mencapai ratusan ribu maka load data bisa mengalami timeout sehingga akan menyebabkan internal server error pada saat datatable mencoba untuk mengambil data.

Baca juga : Serverside Datatable Menggunakan Laravel

Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, diperlukan filter untuk menyaring datanya. Berikut ini saya akan memberikan contoh bagaimana membuat Filter Serverside Datatable di Yajra Laravel.

Persiapkan Table dan Data

Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan database postgreesql. Silahkan baca : Tutorial Setting Environtment Laravel bagi yang belum tahu cara setting database postgree.

Selanjutnya kita buat table bernama employee.

Kemudian lanjutkan dengan memasukkan beberapa data dummy sebagai berikut.

Setelah membuat table dan memasukkan datanya. Mari kita lanjutkan untuk memulai membuat Filter Serverside Datatable di Laravel.

Menyiapkan Route

Kita akan memulai membuatnya, untuk itu kita siapkan routenya terlebih dahulu.

Keterangan :

Route 1 untuk membuka halamannya.

Route 2 untuk memanggil datanya dengan {param} sebagai parameter yang akan dilempar.

Menyiapkan Controller

Kita akan membuat controller bernama pegawaiController.php, lihat contohnya sebagai berikut.

Menyiapkan Tampilannya

Setelah route kita siapkan dan controller nya sudah kita buat, selanjutnya kita buat tampilannya dengan nama index.blade.php . Berikut contoh kodenya.

Berikut library yang digunakan pada tampilan tersebut, beserta kegunaanyanya.

Library yang digunakan ada 3, yaitu bootstrap, datatable dan daterangepicker.

Setelah menyiapkan route , membuat controller dan view nya. Silahkan coba jalankan localhost di browser kalian. Jadinya akan seperti berikut ini.

Saat dijalankan di localhost

Penjelasan

var drnp itu bisa digunakan untuk menambah parameter yang akan dilempar. Misalkan kita akan menambah parameter position employee maka jadinya bisa seperti berikut.

Parameter yang dilempar bisa terserah kalian. Namun nanti dicontroller saat di explode maka isi array param tergantung banyaknya parameter yang dilempar.

Cukup sekian tutorial Filter Serverside Datatable di Laravel untuk mengatasi permasalahan jumlah data yang ditampilkan di datatable menggunakan metode serverside. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat 🙂 .

About the Author: ikhsan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *