Membuat Webservice Sederhana Menggunakan Laravel

Laravel – Dalam membangun aplikasi sering kali tidak hanya berfokus dalam satu based appplication saja, misal web. Aplikasi yang kita bangun juga datanya bisa digunakan untuk aplikasi lain misal antar aplikasi web maupun mobile.

Nah untuk menjembatani komunikasi pertukaran data tersebut digunakanlah Web Service. Saya asumsikan kalian sudah mengerti tentang dasar-dasar penggunaan framework laravel. Kita akan memulai mempelajari cara simpel untuk membuat webservice menggunakan laravel.

Baca juga: Tutorial Otentikasi API Menggunakan Passport Laravel

Persiapan Database

Untuk database yang akan kita gunakan menggunakan postgreesql, silahkan buat database latihan dan koneksikan database kalian di env laravel.

Buat tabel di database latihan kalian dengan nama employee.

Setelah membuat tabelnya, jangan lupa kalian isi dengan data.

Membuat Webservice Menggunakan Laravel

Sebelum memulai alangkah baiknya kalian install aplikasi postman terlebih dahulu, Karena kita akan menggunakan postman untuk melakukan testing webservice.

Nah pada tahap ini, bukalah folder route/api . Di sana kita akan membuat route untuk request get maupun post, tergantung kebutuhan developer untuk membuat webservice.

Saya contohkan sebagai berikut.

Silahkan kalian jalankan server development laravel dengan php artisan serve. Kemudian kalian buka aplikasi postman dan coba akses url nya sebagai berikut.

URL

Kalian klik send, maka data json yang ditangkap sebagai berikut.

Hasil

Selamat kalian sudah berhasil membuat webservice yang simpel. Tapi webservice tersebut bisa diakses oleh siapa saja, karena webservice tersebut belum ada otentikasinya.

Selanjutnya kita akan menambahkan otentikasi pada webservice tersebut, supaya webservice tersebut hanya bisa diakses oleh pihak yang mempunyai token aksesnya

Menambah Otentikasi Pada Webservice

Kita akan menambahkan otentikasi yang simpel pada webservice kita.

Pertama create ApiToken.php middleware di folder app/Http/Middleware .

Kemudian buka ApiToken.php dan update kodenya sesuai contoh berikut.

Setelah itu buka Kernel.php kemudian tambahkan middleware baru ke $middlewareGroups ‘api’ . Ini digunakan untuk token yang bersifat statis sehingga mudah dan simpel untuk digunakan dalam memberikan otentikasi.

Kemudian jalankan php artisan serve dan buka kembali postman. Kalau kita belum memberikan token maka hasilnya akan seperti berikut.

Mari kita coba memasukkan Authorization nya di header, dan isi value token kalian, maka hasilnya sebagai berikut.

Selamat kalian sudah membuat webservice simpel dan membuat otentikasi yang simpel juga menggunakan laravel.

Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat. 😀

About the Author: ikhsan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *