Membandingkan User Experience Aplikasi

Interaksi Manusia dan Komputer – User merupakan bagian penting dari perancangan perangkat lunak. Karena user yang akan sering berinteraksi dengan perangkat lunak yang akan dibuat. Nah apakah user akan nyaman berinteraksi dengan perangkat lunak kita, ataupun jadi susah tergantung dari bagaimana perangkat lunak tersebut memberikan kemudahan dan nyaman digunakan. Berikut 2 website dengan beberapa penilaian dari penulis.

Pada kesempatan kali ini, saya akan melakukan review perbandingan ux baik dan buruk dari 2 website perusahaan otobus yang sudah terkenal di Indonesia. Berikut hasil reviewnya.

  1. PO Nusantara

1

Gambar halaman login Bis Nusantara

Gambar di atas merupakan halaman login untuk melakukan order tiket bis. Menurut penulis warna tombol submit sama latarbelakang itu hampir sama, perpaduan warnanya kurang tepat antara warna tombol dan latarbelakang.

3

Gambar halaman reservasi tiket

Gambar di atas merupakan halaman booking. Yang kurang tepat adalah dimisalkan user itu hanya ingin mengetahui harga tiket bis nusantara dari lokasi x ke kolasi y itu berapa. Menurut penulis, kurang tepat user langsung disuguhi untuk mengisi data pelanggan. Formulir pengisian pelanggan, isinya hampir sama ketika user mau mendaftar untuk login ke website bis nusantara. Untuk pengisian tanggal, user harus mengisi manual sehingga agak susah mengiput satu-satu. Ikon tanda panah kebawah, disamping field pengisian tanggal pun tidak bisa digunakan, ketika di kli malah tidak keluar apa-apa. Website di atas merupakan contoh bad UX.

2. PO Budiman

4

Gambar halaman reservasi (uji coba) bis budiman

Gambar di atas merupak tampilan halaman reservasi bis budiman, menurut penulis tampilan cukup user friendly. User tidak perlu login, tinggal menginputkan mau tanggar berapa, dari dan kemana tujuannya. User tidak perlu menginputkan lagi tanggal, tinggal klik ikon kalender maka akan muncul kalendernya. Untuk warna tombol cukup friendly karena menggunakan warna yang berbeda dengan latar belakang yang berwarna putih. Website di atas merupakan good UX.

Demikian hasil review perbandingan ux baik dan buruk dari 2 website otobus yang ada di Indonesia. Review di atas tidak bermaksud menjelekan atau menghina.

About the Author: ikhsank6

6 Comments

  1. memang agak miring juga sih kalau perusahaan bis yang sudah sukses seperti itu belum bisa menyajikan website yang memeliki UX yang baik. Mudah2an perusahaan bis nusantara mulai memikirkan perbaikan ini biar para pelanggannya semakin banyak dan nyaman menggunakan website tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *