Serverside Datatables Laravel

Datatable – Seperti yang kalian ketahui, menampilkan data di tampilan apabila datanya sudah berjumlah ratusan bahkan ribuan akan membuat tampilan menjadi berat. Apalagi tampilan merupakan jembatan penghubung antara sistem dan pengguna, kalau untuk membuka halaman saja berat maka pengguna akan menilai sistem kita kurang bagus bahkan tidak bagus.

Ada 2 cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu pertama kalian menggunakan paginate bawaan Laravel atau menggunakan metode Serverside dengan bantuan library yajra Datatable di Laravel.

Pada tutorial kali ini, saya akan membagikan pengetahuan saya tentang cara memakai Serverside Datatable Menggunakan Laravel. Kita tinggal menggunakan library yang ada di Laravel untuk membuat json data di controller.

Kemudian json data yang sudah dibuat akan ditangkap oleh ajax jquery Datatable di tampilannya. Langkah untuk membuat metode Serverside Datatable sebagaii berikut.

Install library Yajra Datatable

Buka terminal kalian, pastikan ke direktori proyek kamu, kemudian ketikkan kode berikut ini.

Tunggu sampai composer sukses melakukan instalasi. Setelah itu buka folder config kemudian buka file app.php, cari dan tambahkan class yajra ke provider dan aliases.

Kemudian publish vendor dengan mengetikkan kode berikut.

Setelah selesai mari kita siapkan datanya terlebih dahulu, kita akan memanggil datanya menggunakan model. Silahkan baca Tutorial CRUD Laravel #1 untuk mengetahui cara membuat model di laravel.

Membuat Controller

Buatlah controller dengan nama pegawaiController.php , untuk kodenya sebagai berikut.

Menambahkan route

Tambahkan route di web.php untuk memanggil halaman untuk menampilkan data dan memanggil function getdata nya.

Membuat tampilannya

Setelah selesai menambahkan controller dan route nya, mari kita lanjutkan dengan membuat tampilannya. Buat file baru dengan nama index.blade.php

Sekarang coba jalankan localhost kalian dengan url localhost/nama_folder_di_htdocs/pegawai/index

Selamat, kita sudah berhasil memanggil data menggunakan Datatable dan dengan metode Serverside di Laravel.

Tampilan Serverside Datatable

Untuk metode ini kelemahannya adalah kalau datanya sudah mencapai jutaan maka load data akan terasa lama dan bahkan timeout, karena datatable sendiri dia memanggil keseluruhan data, jadi belum dipecah seperti pagination. Maka dari itu salah satu solusinya menggunakan filter untuk membatasi berapa data yang akan ditampilkan.

Sekian sedikit pengetahuan tentang Serverside di laravel, semoga bermanfaat 🙂 .

About the Author: ikhsan

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *