Tutorial CRUD Laravel #1

Laravel – Halo sobat, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat CRUD di Laravel. Seperti yang sobat ketahui CRUD ( Create, Read, Update , Delete ) merupakan dasar dari membuat sebuah aplikasi, yang tentunya berhubungan dengan basis data.

Perlu sobat ketahui, Laravel telah menyediakan 2 cara untuk menggunakan segala proses yang berhubungan dengan akses database yaitu query builder dan eloquent  .  Pada kesempatan kali ini kita akan belajar menggunakan eloquent.

Pengaturan Akses Database Laravel

Sebelum masuk ke CRUD di Laravel, kita harus melakukan konfigurasi terlebih dahulu di fail

.

Capture

Silahkan sobat klik

kemudian edit dan sesuaikan dengan nama database, username dan password sobat, untuk tutorial ini menggunakan database posgresql. Jika sudah selesai konfigurasinya silahkan di save dan kita akan lanjutkan tahap berikutnya.

Membuat database dan table

Untuk membuat database sobat bias membuatnya di pgadmin karena kita akan menggunakan postgresql. Nah untuk membuat table kita akan belajar menggunakan fasilitas migration di Laravel. Mengapa menggunakan migration? Biasanya kalau kerja development web secara tim, dengan menggunakan migration kita akan lebih mudah pekerjaannya tanpa harus copy paste database terbaru (jika development kita tidak sama-sama mengakses satu server artinya kita ngerjain di local kita).

  1. Membuat migration table pegawai

Capture

Setelah selesai mari kita edit fail migrationnya di folder database>migrations kemudian cari failnya sesuai yang udah digenerate.

Capture

Sobat bisa melihat dokumentasi untuk membuat migration di sini . Sedikit saya beri keterangan bigIncrements tersebut bahwa nama kolom id type BIGINT sebagai primary key, untuk string dan text sobat pasti tahu, nah untuk tambahan nullable() dibelakangnya untuk menandai bahwa kolom tersebut boleh null, kalaupun nggak ditambahin berarti kolomnya not null. Nah yg selanjutnya timestamps itu nanti akan menjadi kolom created_at dan deleted_at.

2. Selanjutnya kita jalankan file migrationnya namun secara spesifik dengan

Capture

Sukses table pegawai telah sukses dibuat. Berikut penampakannya di pgadmin.

Capture

3. Berikutnya kita akan membuat model untuk eloquent kita, kita akan membuat model pegawai dengan php artisan make:model pegawai. Setelah sukses, buka fail model pegawai di folder app. Silahkan edit dan sesuaikan dengan table yang dibuat sobat.

4. Sebelum masuk ke CRUD kita tambahkan 1 data dulu.

Untuk Part 1 kita sudah melakukan setting environtment dan membuat model dengan migrasi laravel. Silahkan lanjutkan tutorial berikutnya. Tutorial CRUD Laravel #2

About the Author: ikhsan

You May Also Like

2 Comments

    1. thank you, I only share a little of my knowledge from experience in working on website development projects expecially using framework laravel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *