Tutorial Instalasi Laravel

Laravel – Pengembangan aplikasi web telah tumbuh sangat cepat apalagi teknologi yang semakin beragam digunakan untuk menunjang performasi tools pembuatan web. Banyak bermunculan framework untuk mempermudah kita dalam membuat web.

Salah satu framework yang cukup banyak digunakan yaitu Laravel. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit pengetahuan saya untuk menginstall atau memulai project baru menggunakan framework Laravel. Seperti yang sobat ketahui bahwa Laravel merupakan salah satu framework php untuk memudahkan kita dalam membangun aplikasi berbasis web.

Taylor Otwell membangun Laravel dengan metode MVC (Model View Controller). Apa sih MVC itu? Saya akan jelaskan singkatnya, model yaitu tempat kita menulis kode yang berhubungan dengan akses ke basis data, view yaitu tempat kita menulis kode untuk tampilan website kita, sementara controller adalah pengendali yang menghubungkan antara model dan view. Penggunaan framework Laravel membuat pekerjaan membangun website kita lebih singkat dan mudah dimengerti. Kalaupun kita kesulitan memahaminya kita bias melihat dokumentasi yang disediakan oleh Laravel disini.

Cara Instalasi Laravel Di Windows

      1. Pastikan sobat sudah menginstal composer terlebih dahulu. Kalau belum menginstall silahkan unduh dan install composer. Untuk windows sobat dapat langsung download composer . Ketika instalasi, composer akan meminta letak dimana php terinstall. Sebagai contoh karena penulis menggunakan xampp maka lokasi php nya .
      2. Setelah selesai untuk mengecek apakah composer sudah terinstall di computer kita. Sobat bias membuka cmd dan mengetikkan composer di cmd sobat. Hasilnya sebai berikut. Capture
      3. Setelah selesai instalasi composer, kita akan menggunakan composer untuk menginstal Laravel. Buka dulu command prompt , kemudian kita akan masuk ke direktori tempat kita akan menginstall project Laravel yaitu di htdocs, jadi silahkan sobat masuk ke folder htdocs di computer masing-masing. .
      4. Ketikkan perintah di command prompt . Pastikan koneksi sobat stabil, karena proses tersebut mengunduh fail-fail yang dibutuhkan untuk menjalankan project laravel. Capture
      5. Setelah proses unduh selesai semua kita bias menjalankan project kita dengan peritah di command prompt php artisan serve maka project bernama latihan akan dijalankan pada http://127.0.0.1:8000. Capture
      6. Buka browser sobat dan ketikkan di address name localhost:8000 dan sobat akan melihat project Laravel kita sudah jalan di browser. Capture
      7. Kalau sobat tidak ingin menggunakan php artisan serve , sobat bias mengakses dengan ketikkan http://localhost/latihan/public/ dengan syarat apache xampp harus sobat aktifkan.

Dengan demikian project Laravel sudah berhasil sobat buat di komputer kalian, dan instalasi laravel dikomputer kalian telah selesai.

Baca juga : Tutorial CRUD Laravel Bagi Pemula

About the Author: ikhsank6

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *